PCR Test di Bali – Pentingnya Test Covid-19 Pada Ikan & Kemasan sebelum di ekspor ke China

PCR Test di Bali

PCR Test di Bali – PCR Test untuk covid-19 pada produk perikanan sangat di butuhkan beberapa eksportir ikan. Apakah anda salah satu eksportir perikanan? Salah satu negara tujuan ekspor ikan dari Indonesia adalah China. China merupakan salah satu negara yang memiliki pangsa pasar besar bagi para eksportir Ikan. Produk – produk perikanan dari Indonesia juga sangat potensial dalam pasar ekspor china. Hasil perikanan dari Indonesia sudah tidak di ragukan lagi, namun saat pandemi covid-19 ini menimbulkan kekhawatiran bagi eksportir di bidang perikanan. Pasalnya sempat di beritakan oleh CNN Indonesia bahwa pemerintahan China mengembalikan ekspor Ikan asal Indonesia karena terpapar covid-19. Hal ini jelas sangat berpengaruh pada eksportir ikan lainnya yg ingin mengekspor produk perikanan mereka. Unit Pengolahan Ikan (UPI) di Indonesia juga harus sangat memperhatikan hal ini demi kelancaran ekspor ikan ke China. Lalu apa yang harus mereka lakukan agar berhasil mengekspor Ikan ke China? 

Pentingnya Test Covid-19 Pada Ikan dan Kemasannya

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Indonesia telah mengkomunikasikan dengan otoritas China terkait pengujian covid-19 pada produk perikanan yang di kirim ke China. Oleh karena itu, keamanan produk perikanan yang diekspor ke China perlu lebih di perhatikan agar tidak menjadi hambatan teknis pada ekspor produk perikanan Indonesia. Demikian juga penting untuk melakukan pengujian covid-19 pada ikan.

China merupakan salah satu negara yang memiliki pangsa pasar besar dalam kegiatan ekspor perikanan. Tentu saja China memiliki sejumlah syarat yang harus di penuhi oleh para eksportir ikan untuk mengekspor produk perikanan mereka. Menurut BKIPM (Badan Karantina Ikan, Pengendalian mutu dan Keamanan Hasil Perikanan) ada 4 syarat yang harus di penuhi oleh eksportir. Yang pertama adalah adanya sertifikat penerapan HACCP, kemudian eksportir harus sudah memiliki nomor registrasi untuk mengekspor ikan ke China, dengan demikian anda juga perlu melampirkan surat permohonan pendaftaran serta surat pernyataan pemanfaatan nomor registrasi tersebut dan selanjutnya berkomitmen untuk memenuhi seluruh persyaratan ekspor ikan ke China. Ketiga, unit pengolahan ikan harus menerapkan protokol Kesehatan di semua unit pengolahan. Syarat terakhir adalah pengujian covid-19 pada produk dan kemasannya. Pengujian ini wajib dilakukan agar produk dapat menembus pasar China yang bebas dari kontaminasi covid-19.

Artinya, untuk saat ini syarat pengujian covid-19 pada ikan dan kemasannya sangat penting dilakukan. Selain untuk memenuhi persyaratan, ini juga akan membawa nama baik negara dalam dunia ekspor perikanan ke negara tujuan. Salah satu upaya agar produk memenuhi syarat ekspor ke china adalah dengan melakukan PCR test untuk uji covid-19 pada ikan dan kemasan. Lalu bagaimana cara mendapatkan Certificate of Analysis yang menunjukkan bahwa produk sudah bebas dari kontaminasi virus covid-19?  

PCR Test di Bali

Tahukah anda bahwa metode PCR test dapat di lakukan pada pengujian makanan? Ya, salah satunya adalah untuk pengujian covid-19 pada produk perikanan. PCR test adalah hal yang penting di lakukan sebelum mengirim produk perikanan anda ke China. Apakah mencari PCR test di Bali untuk produk perikanan anda? Selamat anda sudah mengunjungi laman yang tepat. Laboratorium kami adalah salah satu laboratorium rujukan dari BKIPM untuk pengujian covid-19 pada produk perikanan dan kemasannya. Jika anda merupakan Unit Pengolahan Ikan yang berasal dari Bali, kami akan membantu anda untuk mendapatkan Certificate of Analysis untuk memenuhi persyaratan ekspor. Kami menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction) sehingga akan membantu anda untuk mendapatkan hasil yang cepat dan akurat. Namun sebelum anda membawa sample produk anda ke Laboratorium kami, sebaiknya anda mencari surat pengantar dari BKIPM terlebih dahulu. Kemudian anda dapat membawanya ke Laboratorium kami untuk selanjutnya dilakukan pengujian covid-19 pada ikan dan kemasannya. 

Akhirnya anda mengetahui pentingnya PCR test untuk pengujian covid-19 pada ikan dan kemasannya. Untuk memenuhi kebutuhan anda kami akan membantu dalam pengujian covid-19 ini pada produk anda.